Image default
Mobil

Volkswagen Tiguan R Facelift 2021 Sedang Uji Jalan

SETANGSETIR.COM, Sebuah pembaruan VW Tiguan versi R tengah melakukan pengujian di sirkuit Nurburgring, Jerman. Ia mengusung struktur rangka MQB (modular transverse matrix) sama dengan reguler. Namun terdapat sedikit ubahan pada paras depan. Kisi-kisi dan sorot mata didandani. Lantas bumper serta lubang angin di bawah dibikin lebar. Sehingga raut mukanya agak berbeda dari model Allspace yang dijual di Indonesia.

Lalu imbuhan kosmetik di bagian intake udara lebar, membabat ruang fog lamp. Kisi-kisi sekarang sedikit lebih tinggi, sementara lampu depannya telah diperbarui. Corak pelek juga anyar, disertai piringan rem yang relatif kecil. Di bagian belakang mobil jua terlihat ada sentuhan berbeda. Pada model biasa, bumper belakang punya guratan polos dan warna mengikuti bodi. Sementara Tiguan R facelift dikelir hitam beserta empat lubang knalpot. Posisinya dua di kanan dan sisanya di kiri. Itu terlihat mirip dengan gaya Lamborghini Urus. Tak masalah, toh mereka masih dalam satu naungan perusahaan.

Hal Apa Yang Membuatnya Berbeda Lagi?

Sumber Foto: Oto.com
Sumber Foto: Oto.com

Tahun lalu Tiguan R dengan mesin TFSI 2,5 liter terlihat terus dites. Dorongan terlontar mencapai 400 tenaga kuda. Namun, Audi dikabarkan tidak menancapkan mekanikal pacu lima silinder yang unik ini. Jadi sebagai gantinya, mereka memilih menggunakan enjin 2,0 liter plus induksi turbo.

Persis seperti yang bersemayam di dalam Golf R. Resultan tenaga terkirim 292 PS dan tendangan torsi 380 Nm. Tapi itu belum final, ada kemungkinan pabrikan meningkatkan power. Tiguan R dilaporkan bakal menghasilkan tenaga 10 persen lebih banyak dan ekstra torsi 15 persen. Penyaluran energi kinetik ke roda dihubungkan lewat sistem AWD non-permanen. Jadi pengemudi bisa mengubah menjadi 2WD atau gerak seluruh roda. Transmisi disinyalir kuat tetap pakai gearbox otomatis DSG.

Mari kita bandingkan dari unit eksis di Tanah Air. VW Tiguan Allspace hanya mengusung enjin 1,4 liter TSI. Unit menghasilkan tenaga puncak 152 PS dan dorongan torsi maksimum 250 Nm. Penyalurannya pakai transmisi otomatis 6-speed kopling ganda (DSG) plus triptonic yang diklaim halus. Dapur pacu ini memberikan kemampuan berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam tempo 9,5 detik. Lalu kecepatan puncaknya hingga 202 km/jam.

Kapabilitas Versi R

Sumber Foto: Oto.com
Sumber Foto: Oto.com

Jadi versi R punya kapabilitas jauh lebih hebat dibanding model reguler. Nah, racikan formula itu sebetulnya sudah diterapkan di berbagai mobil VW Group. Seperti Audi SQ2 atau Cupra Ateca serta T-Roc R. Belum ada informasi lebih perinci soal kelengkapan fitur dan peranti keamanan. Tapi sebagai gambaran saja. Tiguan reguler dibekali kamera 360 derajat guna menambah visibilitas yang mengitari mobil.

Tersisip pula Automatic Post Collision Brake System untuk mereduksi risiko tabrakan. Ditemani dengan Electronic Stability Control (ESC), enam titik kantong udara, jok ISOFIXyang jadi standar pabrikan. Jujur, Tiguan Allspace saja punya sofistikasi tinggi. Sebab turut ditanam Dynamic Chasis Control (DCC) guna mengatur karakter redaman suspensi sesuai kontur jalan. Ada juga opsi mode berkendara, Cruise Control, Park Assist System, penunjuk tekanan angin ban, pengaturan elektrik di jok kemudi, smart keyless system dan banyak lagi. Sehingga dipastikan Tiguan tipe R lebih komplet dari ini semua.

 

Sumber: Oto.com

Berita Terkait

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Pasang Suspensi Udara Aftermarket Di Mobil

Yudis

Tidak Laku, Pikap Mercedes Disuntik Mati Mei 2020

Tian

Industri Otomotif Dunia Terkena Dampak Dari Perang Dagan AS-China

Tian