January 27, 2020
Image default
Lain-lain Motor

Tilang Elektronik Segera Berlaku untuk Sepeda Motor

SETANGSETIR.COM, Terdengar kabar bahwa sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE). Akan di terapkan juga untuk pengguna sepeda motor mulai 2020 ini.

“( Kamera E-TLE) sepeda motor mulai tahun depan sudah diberlakukan. Jadi nanti kita akan di-capture,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, pada Desember 2019 lalu.

Meski tak menyebutkan kapan waktu tepatnya. Tapi Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf, menjelaskan akan memberikan sosialisasi lebih dulu sebelum implementasi penuh.

Dengan demikian informasi akan lebih tersampaikan dan penggendara motor tak punya celah bila terbukti melakukan pelanggaran. Apabila sudah mulai diterapkan dan dilakukan penindakan.

Uji coba ETLE atau tilang elektronik berlaku selama satu bulan sejak 1 Oktober 2018.
Google.com

Yusuf juga menambahkan bila salah satu hal yang saat ini sedang dalam kajian adalah mengenai posisi pelat nomor motor. Hal tersebut lantaran masih banyak ditemui penempatan nomor polisi yang belum sesuai atau tidak seragam.

“Posisi TKNB motor kan ada yang di atas atau bawah bahkan di samping, nah ini yang kita sinkronisasikan. Jika itu sudah oke kita sosialisasikan, dan dalam waktu dekat akan kita realisasikan,” kata Yusuf.

Seperti diketahui, mulai 2020 Polda Metro Jaya juga akan memperluas cakupan wilayah tilang elektronik dengan menambah puluhan kamera ETLE untuk menangkap para pelanggar lalu lintas.

Awal tahun ini ada penambahan 45 kamera yang sudah dalam tahap instalasi, dan ke depannya ada tambahan 48 kamera lagi.

Dengan demikian, pada 2020 ini akan ada 105 kamera ETLE yang terpasang di beberapa wilayah rawan pelanggaran lalu lintas yang tersebar di DKI Jakarta.

Sumber: Otomotif.kompas.com

Berita Terkait

Unik, Komunitas Motor Trail Beranggotakan Wanita Berjuluk “Triangel”

Tian

Ingin Riding di Cuaca Panas Ekstrem? Ini Visor Helm yang Pas

Ayunda

Kesan Rossi dan Hamilton Usai Bertukar Profesi

Tian