January 27, 2020
Image default
Mobil

Terkena Regulasi Emisi, Toyota Revisi Mesin Innova 2020

SETANGSETIR.COM, Toyota meluncurkan Innova Crysta dan Touring Sport. Pembaruan fokus pada jantung pacu, guna mematuhi regulasi BS6 di India. Seremoni itu juga bagian pengukuhan 15 tahun Innova di sana. Unit ditawarkan dalam varian bensin dan diesel, dengan opsi transmisi manual maupun otomatis. Harga perkenalan mulai Rs. 15,36.000 hingga Rs. 24,06.000. Setara Rp 298 juta sampai Rp 466 jutaan.

Sumber Foto: Oto.com
Sumber Foto: Oto.com

“Pemerintah, industri otomotif dan minyak telah bekerja agar bisa mewujudkan produk sesuai BS6. Batas emisi kendaraan diatur (PM 2.5) terlepas dari ukuran mobil. Berlaku buat mesin CNG, bensin dan diesel. Di Toyota, kami membawa teknologi canggih dan ramah lingkungan. Innova Crysta telah mengukir ceruk dan mempertahankan posisi terdepan dalam segmen MPV. Pangsa pasarnya 40 persen. Kami membuka pemesanan mulai hari ini,” terang Naveen Soni, Senior Vice President, Sales & Service Toyota Kirloskar Motor, dalam keterangan resmi (6/1).

Innova Crysta BS6 ditawarkan dalam dua dapur pacu: mesin diesel common rail 2,4 liter (149 PS/360 Nm) dan bensin 2,7 liter. Keduanya mengantongi sertifikat regulasi emisi baru, yang mulai berlaku 1 April 2020. Mesin diesel 2,8 liter diskontinu, lantaran sudah tidak cocok dengan gas buang berlaku. Mesin bensin 2TR-FE, empat silinder, berkubikasi 2.694 cc tetap ada. Tenaga mencapai 166 Ps pada 5.200 rpm dan tendangan torsi 245 Nm pada 4.000 rpm. Sebetulnya unit pacu ini diproduksi pula di fasilitas Toyota Indonesia. Namun untuk pasar ekspor Timur Tengah.

Lantas apa yang dilakukan pabrikan dalam meracik ulang sistem pembakaran? Innova Crysta BS6 memiliki Selective Catalytic Reduction (SCR) dan Diesel Particulate Filter (DPF). Kedua mesin menggunakan teknologi AdBlue. Kemudian Innova dilengkapi dengan fitur-fitur standar. Seperti vehicle stability control, hill assist control dan emergency brake signal. Untuk sistem keselamatan pengereman terdapat ABS serta EBD.

Segmen Yang Bakal Dirubah Toyota

Sumber Foto: Oto.com
Sumber Foto: Oto.com

Bagian eksterior dan interior seperti tidak berubah dari model yang di pasaran. Termasuk peranti yang diberikan. Upaya ini hanya mereka lakukan demi eksistensi pasar yang besar dan sesuai ketentuan BS6. Untuk diketahui, Innova sudah jadi mobil idola di Negeri Bollywood. Sejak dikenalkan pada 2005, perusahaan mengirim 900.000 unit ke tangan konsumen.

“Acara peluncuran Innova Crysta BS6, merupakan langkah penting, meminimalkan emisi untuk masa depan yang berkelanjutan. Unit dijual dengan mesin yang sesuai aturan. Inilah mesin seri-GD yang sudah kuat, menjanjikan rendah emisi dan efisiensi lebih tinggi. Kami menawarkan kepada mereka pengalaman berkendara terbaik. Dengan kinerja optimal, fitur mewah, kenyamanan dan yang paling penting keselamatan,” pungkas Naveen Soni.

 

Sumbe: Oto.com

Berita Terkait

New Suzuki Baleno VS Honda Jazz, Mana Yang Lebih Oke?

Tian

Human Horizons luncurkan prototipe HiPhi 1 di China

Achmad

Tesla Luncurkan Fitur Studio Musik Dalam Mobil Terbarunya

Gethya