Image default
Motor Tips & Trik

Simak Aturan Main Touring Berkelompok

SETANGSETIR.COM, Touring jadi aktivitas yang menarik dan ditunggu-tunggu bagi setiap bikers. Umumnya kalau tidak sendiri, akan berkelompok dalam jumlah yang besar.

Nah perjalanan dengan anggota yang banyak inilah kadang menimbulkan masalah. Mulai dari potensi tabrakan beruntun, dicap arogan, hingga membuat macet karena barisan yang panjang.
Touring Honda ADV150
Touring Honda ADV150 Foto: dok. Istimewa
Guna meminimalisir itu, Senior Analyst Training Development PT Astra Honda Motor (AHM), Johanes Lucky membeberkan triknya.
Formasi paling banyak 10 bikers
Pertama, apabila jumlah peserta lebih dari 20, maka ada baiknya bagi menjadi dua kelompok.
“Idealnya rombongan tidak terlalu panjang, sekitar 10 peserta selain road captain dan sweeper,” buka Lucky sapaan karibnya, Selasa (3/12).
World Premiere Touring Honda ADV150
World Premiere Touring Honda ADV150 Foto: Istimewa
Namun jumlah peserta touring tiap kelompok ini bisa disesuaikan. Semakin banyak bikers, maka konsekuensinya akan butuh road captain maupun sweeper, serta pendukung lainnya.
Jeda keberangkatan 15 menit
Tak cuma pembagian kelompok, waktu keberangkatan peserta juga harus diperhatikan. Idealnya papar Lucky minimal antar kelompok punya jeda keberangkatan 15 menit.
“Supaya rombongan kedua dan seterusnya tidak bertemu dengan rombongan awal, yang berakibat barisan jadi panjang,” katanya.
Sesuaikan formasi barisan
otomotif, Honda, Honda ADV 150, touring, HBD
Touring Honda ADV150 menyambut gelaran Honda Bikers Day (HBD) 2019 dari Yogyakarta menuju Ambarawa. Foto: Istimewa
Jadi ketika sedang dalam perjalanan, sesuaikan formasi barisan, bisa selalu gunakan dua baris, atau dalam waktu tertentu jadi satu baris.
“Ketika lewat jalur sempit, gunakan formasi 1 baris agar tiap peserta punya ruang gerak aman. Kalau cukup luas, gunakan 2 baris, supaya ruang gerak aman dan rombongan tidak terlalu panjang,” papar Lucky.
Etika selama perjalanan
otomotif, Honda, Honda ADV 150, touring, HBD
Touring Honda ADV150 menyambut gelaran Honda Bikers Day (HBD) 2019 dari Yogyakarta menuju Ambarawa. Foto: Istimewa
Kemudian, Lucky juga menekankan norma kesopanan seluruh bikers selama di perjalanan. Artinya hindari manuver sendiri seperti selalu menyalip peserta di depannya, geber gas dalam-dalam, atau aktivitas lain yang akhirnya mengganggu pengguna jalan lain.
Keputusan dikawal kepolisian
Touring Honda ADV150
Touring Honda ADV150 Foto: dok. AHM
Untuk terakhir ini kata Lucky juga dapat menyesuaikan. Dikawal kepolisian atau tidak, dapat menyesuaikan kebutuhan.
“Kalau rombongan touring punya jadwal ketat, skill berkendara peserta bervariasi, rombongan VIP, peserta cukup panjang, pengawalan kepolisian akan sangat membantu,” tuntasnya.
Sumber: kumparan.com

Berita Terkait

12 Adab Bepergian Dalam Islam, Termasuk Membaca Do’a Naik Kendaraan Darat

Guntur

Perlukah Sepeda Motor Memakai Lampu Hazard?

Achmad

Jangan Ketuker, Ini Arti Warna Pada Sekring Mobil Dan Motor!

Ayunda