December 8, 2019
Image default
Mobil Modifikasi

RF REBORN, Honda Jazz Dengan Mesin V8 1 UZ-FE

SETANGSETIR.COM, Kehadiran mobil-mobil modifikasi di Final Battle BlackAuto Battle 2019 Yogyakarta membuat kejutan-kejutan kecil. Bahkan hal tersebut mencangkup lima sektor modifikasi sekaligus seperti Bodykit, undercarriage, interior, entertainment dan mesin-mesin berbasis V8.

Pada final Battle BlackAuto Battle 2019, Kupu-kupu Malam (Kumal) kini hadir dengan nuansa yang sama seperti tahun lalu. Menghadirkan G-Concept (Battosai Reborn), mereka hadir sebagai peserta eksisting dengan berbagai update modifikasi sebagai persyaratannya.

Honda Jazz 2010 Dengan Mesin V8 1 UZ-FE

RF REBORN, Honda Jazz Dengan Mesin V8 1 UZ-FE
Blackxperience.com

Dilansir dari laman Blackxperience, tim Kumal juga diketahui memakai mesin V8 1 UZ-FE untuk ditanamkan di sasis Honda Jazz 2010. Mesin V8 1 UZ-FE adalah mesin 4000 cc yang digunakan oleh Toyota Celsior V8. Yakni generasi pertama yang beredar di negeri Paman Sam.

Honda Jazz 2010 mengambil tema ekstrim, dengan menyematkan nama RF Reborn. Sebagai materi mobil yang turun di final BAB Bandung. Namun, dibangun ulang dibawah penanganan Kumal. Dengan pembuatan ulang bodi 2 pintu menjadi 1 pintu memangkas pilar B, menjadi gaya hatchback yang cukup mempesona.

RF REBORN, Honda Jazz Dengan Mesin V8 1 UZ-FE
Blackxperience.com

Dengan custom bodykit depan dan belakang, gaya buritan hatchback yang menggunakan dua pintu atas spoiler dan bawah digerakkan dengan motorize. Kedua pintu dimodifikasi dengan gaya sliding door bergaya hypersport Koenigsegg.

Adanya mesin yang lebih besar, otomatis pihak Kumal harus mengcustom hood. Tak puas dengan itu, juga disematkan bonnet facelift, menggunakan lampu depan dan lampu belakang Toyota Fortuner VRZ.

Dan pada sektor undercarriage juga tak kalah penting. Adanya penggunaan velg Rotiform ring 18, dengan ban semi slick Advan Neova, tak cukup dengan standar pengereman bawaan. Farid mengaku menambahkan double caliper AP Racing 4 titik dan kombinasi coilover.

RF REBORN, Honda Jazz Dengan Mesin V8 1 UZ-FE
Blackxperience.com

Kumal yang selalu beririsan dengan teknologi, mengaku semua operasional mobil telah disatukan dalam management android platform. Untuk membuka tutup pintu, hood, memainkan entertainment dan indikator mesin telah displit ke sistem android. Ada tiga puluh dua channel yang terintegrasi termasuk 4 titik air suspensi. Semuanya dikerjakan oleh Bowo IT dibawah pengawasan Kumal.

Sektor car audio telah dikembangkan mengingat kebutuhan perform entertain yang lumayan berat. Pilihan head unit menggunakan Kenwood sanggup untuk memonitor 2 kamera di bagian spion, dengan mengandalkan power monoblok Momentum 5K dua set,  dan power Momentum 4 channel 3 unit mengejar genre SPL yang cukup digemari dikalangan SQL Lover. Ditambahkan dengan speaker coaxial dari Momentum 6 set.

Penambahan Double Turbo BORG WARNNER

RF REBORN, Honda Jazz Dengan Mesin V8 1 UZ-FE
Blackxperience.com

Tak cukup dengan performa mesin V8, Farid mengaku mengikuti keinginan klien dengan menambahkan double turbo BORG WARNNER.

“Salah satu yang bikin kita bangga adalah mesin V8 ini tanpa merubah panjang sasis,” cetus Farid. Ketika dikonfirmasi apakah faktor itu mencakup ranah magic atau mekanikal ? Farid tersenyum dan dengan bangga mengatakan itulah kreativitas anak Yogyakarta.

Ditanya berapa budget modifikasi, Farid tertawa, “Mungkin equal dengan Mercy A-Class terendah. Dan saya berharap semua sesuai ekspektasi, termasuk kinerja mesin,” aku Farid.

Ketika dikonfirmasi pekerjaan modifikasi ini memakan waktu 4 bulan. Namun yang keluar dari ekspektasi adalah sektor airbush yang dikerjakan cukup kilat. “Rekan kami datang membantu sektor airbrush dengan ikon tengkorak dan digarap secara futuristik. Jangan kaget, pengerjaan ini hanya dilakukan selama 1 1/2 hari saja,” pungkas Farid yang terkagum-kagum atas aksen tengkorak pada hood dan side RF Reborn ini.

Sumber: Blackxperience.com

Berita Terkait

Modifikasi Audi A4 B8: Seksi dan Nyentrik

Ayunda

200 Mobil Modifikasi Ikuti The Elite Showcase 2019

Achmad

Yamaha Aerox Makin Keren Ala Motor WSBK

Vinska