January 27, 2020
Image default
Mobil

Nissan Kembangkan Teknologi Baru Buat Kabin Menjadi Nyaman

SETANGSETIR.COM, Kenyamanan terkadang menjadi faktor ketika memilih mobil. Salah satu hal yang termasuk di dalamnya ialah kemampuan kabin menghalau suara dari luar.

Terkait hal itu, Nissan sedang mengembangkan bahan baru yang disebut sebagai acoustic meta-material. Jelas, fungsinya ialah meningkatkan keheningan kabin tanpa harus menambah bobot kendaraan.

Acoustic meta-material ini rencananya akan dikenalkan dalam gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Acoustic meta-material ini terbuat dari film plastik yang membentuk kisi-kisi segiempat. Bahan tersebut mampu mengontrol getaran udara yang kemudian membatasi berbagai gelombang suara, termasuk kebisingan jalan dan mesin.

Sebenarnya material kedap suara bukanlah hal yang baru. Namun, biasanya bahan yang digunakan ialah karet. Pemilihan ini tentu berpengaruh ke bobot kendaraan dan konsumsi bahan bakar.

Dengan menggunakan plastik sebagai bahan dasar, Nissan berharap kabin bisa menjadi lebih senyap tanpa harus mengorbankan efisiensi bahan bakar. Namun, masih belum ada informasi penggunaannya di mobil produksi massal.

 

Sumber : Otosia.com

Berita Terkait

Jawa Timur Siap Uji Coba Tilang Elektronik

Achmad

Meski ada Insentif, Mobil Listrik BMW Di Indonesia tidak Akan Turun Harga.

Hera

Mitsubishi Raih Skor Penjualan Tertinggi di Indonesia

Ayunda