February 22, 2020
Image default
Mobil Modifikasi

Jenis Mesin Mobil Berdasarkan Konfigurasinya

SETANGSETIR.COM, Mungkin sebagian orang belum mengerti pada mesin mobil. Jenis mesin mobil merupakan hal yang sangat penting dalam pembahasan mobil. Bila kita lihat review atau ulasan mobil pastinya akan ada bagian yang menyebutkan jenis mesin mobil tersebut. Sebut saja seperti inline-four, V8, boxer, rotary, dan lainnya.

Berikut adalah jenis mesin mobil yang kamu harus tau

1. Inline/ Straight

Yuk Kenali Jenis Mesin Mobil Berdasarkan Konfigurasinya!
Google.com

Ini merupakan jenis yang paling umum dan populer digunakan dalam mesin mobil. Kalo kita keluar dan lihat mobil-mobil berlalu-lalang di jalanan, itu kebanyakan menggunakan inline/ straight engine.

Konfigurasinya adalah sebagai berikut.

  1. Silinder ditempatkan berjejer segaris.
  2. Silinder ada diatas crankshaft (kruk as).
  3. Memiliki konstruksi yang simpel dibanding konfigurasi mesin lainnya.
  4. Karena simpel maka moving parts nya pun lebih sedikit dibanding konfigurasi mesin lainnya.
  5. Umumnya menggunakan single manifold untuk exhaustnya.

Layout yang segaris memanjang membuat jenis mesin ini memiliki batasan volume dan jumlah silinder. Volume biasanya maksimal di kisaran 2.5L-3.0L, sedangkan jumlah silinder umumnya hanya sampai enam. Kebayang kan kalo inline-10 atau inline-12.

Kelebihan dari inline engine adalah compact dan ringan sehingga baik untuk efisiensi bahan bakar. Jenis mesin ini sangat ekonomis untuk diproduksi dan juga untuk dirawat.

Inline juga dikenal oleh para tuner sebagai konfigurasi yang mudah dituning, terutama pada inline-four.

Contoh populer dari jenis mesin ini tentunya adalah inline-four dan inline-six. Mulai dari mesin ekonomis sampai mesin legendaris seperti JZ, RB, B series, 4AG, 4G63 dan lainnya. Untuk Inline-six, jenis ini merupakan konfigurasi favorit dari beberapa produsen mobil Eropa terutama yang paling loyal adalah BMW.

 

2. Jenis Mesin W Engine

Yuk Kenali Jenis Mesin Mobil Berdasarkan Konfigurasinya!
V engine on steroids.

W engine ini merupakan hasil karya engineering yang eksotik dan mengagumkan. Wengine saat ini hanya dikembangkan dan digunakan oleh vw group.

w engine modern saat ini secara layout bisa disebut gabungan. Dari dua buah v engine yang berdempetan. Gabungkan dua v maka menjadi vv alias w.

Konfigurasinya seperti ini.

  1. Silinder ditempatkan dengan bentuk huruf W. Jadi ditengah layout V, ada deretan silinder lagi.
  2. Terdiri dari beberapa konfigurasi.
  3. Pertama, tiga deretan silinder (cylinder banks) dengan satu crankshaft. Ini desain awal yang klasik dari W engine.
  4. Selanjutnya, empat cylinder banks dengan 1-2 crankshaft. Ini desain modern saat ini untuk W engine.
  5. Terakhir, dua cylinder banks dengan 2 crankshaft. Ini sangat jarang digunakan dan dapat kita temui di motor kelas Motogp seperti Yamaha YZR500 dan Cagiva GP500.

Kelebihan dari mesin ini terutama pada bentuk compact-nya yang bisa memuat jumlah silinder yang sangat banyak. Jenis mesin ini telah diaplikasikan dengan model W8, W12, W16 dan bahkan W18 engine!

Kekurangannya tentunya dari kompleksitas, cost serta ehem- beratnya, sangatlah besar. Selain itu, desain compact yang terdiri dari jumlah silinder yang banyak seperti ini mengakibatkan temperatur mesin saat bekerja sangatlah panas.

 

3.  Rotary/ Wankel engine

Yuk Kenali Jenis Mesin Mobil Berdasarkan Konfigurasinya!
Rotary/ Wankel engine

Berbicara mengenai compact, maka mesin rotary lah juaranya. Simpel namun sangat efektif. Power to weight ratio dari mesin ini sangat mengagumkan. Dengan dimensi compact, bobot ringan bisa menghasilkan power yang besar.

konfigurasinya.

  1. Tidak menggunakan piston, melainkan rotor. Jumlahnya mulai dari 1 rotor (versi jebot), 2 rotor (versi modern umum/ street), 3 rotor (racing), dan yang paling brapp brapp adalah 4 rotor semisal pada Mazda 787B.
  2. Rotor berbentuk segitiga sama sisi terhubung dengan crankshaft di dalam sebuah housing.
  3. Satu rotasi putaran rotor memiliki 4-stroke: intake, kompresi, ledakan, dan buangan.

Kelebihan dari rotary adalah power to weight ratio yang sangat tinggi. Dengan dimensi yang kecil dan bobot ringan, mesin ini bisa memiliki power yang besar dibandingkan jenis mesin lainnya. Mesin ini juga memiliki moving part yang sedikit sehingga sangat compact dan ekonomis untuk diproduksi. Selain itu mesin rotary juga merupakan mesin high RPM alias high revving!

Rotary bekerja dengan menyuntikkan oli ke dalam housing rotor sehingga oli yang ikut terbakar ini akan sangat mempengaruhi emisi gas buangan. Hal tersebut juga membuat oli akan terus berkurang dan kita harus rajin memeriksa dan mengisi oli. Mesin ini juga memiliki karakter kompresi yang rendah, sehingga ada sebagian bahan bakar yang tidak terbakar. Hal ini bukan saja menambah emisi tetapi juga sangat mempengaruhi efisiensi bahan bakar.

Sumber:Bequietndrive.com

Berita Terkait

Virus Serat Karbon Perganteng Tampilan Jimny Baru

Vinska

Intip Kerennya Harley-Davidson Custom Paul Walker

Vinska

HMC 2019 Seri Jakarta: Sumber Inspirasi Terbesar Modifikator

Ayunda