January 27, 2020
Image default
Auto Show Mobil

Fasilitas Uji Tabrak Bikin Masyarakat Makin Paham

SETANGSETIR.COM, Indonesia akan segera memiliki area pengujian mobil (proving ground), beserta fasilitas uji tabrak di kawasan Bekasi, Jawa Barat. Kementerian Perhubungan mengonfirmasi pembangunannya akan dimulai tahun 2020 pada lahan seluas 80 hektare.

Nantinya, semua mobil yang akan dipasarkan di Indonesia dan ekspor harus melalui tahap ini. Bahkan hasil tesnya juga akan dipublikasikan ke masyarakat agar menjadi patokan bagus tidaknya aspek keselamatan produk mobil yang dijual.
Hal ini disampaikan Direktur Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan, Sigit Irfansyah, Kamis (19/12).
“Pasti akan dipublikasi. Jadi bentuknya nanti rating, ada bintang berapa bintang berapa. SOP-nya pasti akan mirip seperti ASEAN NCAP di Malaysia,” kata Sigit Irfansyah kepada kumparan.
Selain itu, menurut Sigit, hasil uji tabrak juga akan dipasang di brosur penjualan mobil yang sudah melalui tes tersebut. Diharapkan produsen akan memperbaiki kualitas kendaraannya biar bintangnya bisa lebih baik.
Manfaatnya bagi masyarakat adalah tidak akan terjebak dengan kualitas produk mobil yang akan dibeli. Menurut Sigit, ada saja merek premium yang belum tentu memiliki rating bagus dari segi keselamatan.
“Merek premium belum tentu menghasilkan bintang banyak, karena sekalipun merek premium rupanya kualitas barangnya berbeda antara yang dipasarkan di Eropa dan di Indonesia,” ujar Sigit.
Malaysia Sudah Punya Fasilitas Uji Tabrak
crash test, uji tabrak, otomotif
ilustrasi uji tabrak mobil. Foto: Foto: Marcel Langthim/Pixabay
Indonesia memang tertinggal lebih dulu dibanding Malaysia. Padahal Indonesia merupakan pasar otomotif nomor satu di ASEAN sehingga adanya fasilitas tersebut sangat krusial.
“Di Asia setahu saya iya, Malaysia itu ASEAN Ncap.┬áThailand saya tidak tahu punya atau tidak, tapi yang ngetop memang Malaysia punya. Kalau untuk Malaysia memang non-government, jadi mereka akan publish hasil tes,” kata Sigit.
Salah satu produk mobil yang sudah melalui tahap uji tabrak di Malaysia dan dijual di Indonesia adalah Suzuki Ertiga GX. Hasil tes pada Agustus 2019 lalu menunjukkan mobil Jepang itu menerima peringkat empat dari lima bintang ASEAN Ncap.
“Kita harus berani kalau produk yang dibikin di sini–Indonesia–harus crash test semua, untuk meyakinkan pasar bahwa produk itu murah dan bagus. Jadi banyak keuntungan buat pasar baik dalam negeri ataupun ekspor,” pungkasnya.

 

Sumber: kumparan.com

Berita Terkait

KNKT : Penyebab Terbesar Kecelakaan Di Jalan Raya Adalah Ban

Rafly

Simak Posisi Tangan Paling Nyaman, Dan Ergonomis Pada Saat Mengemudi

Hera

Meski ada Insentif, Mobil Listrik BMW Di Indonesia tidak Akan Turun Harga.

Hera