January 27, 2020
Image default
Auto Show Mobil

Bermesin Turbo dan Berpenggerak 4WD

SETANGSETIR.COMTeka – teki terkait desain keseluruhan dan spesifikasi dari Toyota GR Yaris akhirnya perlahan mulai terkuak. Toyota baru saja meluncurkan video teaser dari mobil hatchback bergaya sporty tersebut.

Berdasarkan video teaser yang beredar, GR Yaris tidak hanya hadir dengan tampilan yang sporty saja, namun juga diperkirakan akan memiliki spesifikasi mesin yang luar biasa.
Ya, seperti yang dilansir dari Car Throttle, Toyota GR Yaris hadir dengan mesin bensin 3 silinder berkapasitas 1.6 liter turbocharger. Mesin itu diperkirakan mampu menghasilkan tenaga 275 dk, yang selanjutnya akan disalurkan ke empat rodanya, melalui sistem transmisi manual.
Selain dibekali dengan mesin bertenaga besar, sistem penggerak 4 roda, dan transmisi manual, GR Yaris ini juga diklaim memiliki bobot yang lebih ringan 38 kilogram dari Yaris biasa.
Bobot yang ringan tersebut lantaran bahan campuran aluminium dan serat karbon, yang digunakan pada struktur bodi GR Yaris. Tidak hanya itu, Toyota rupanya juga sangat memperhatikan distribusi bobotnya. Pasalnya, posisi mesin dari mobil ini dibuat 21 mm lebih mundur ke belakang dari posisi standarnya.
Toyota GR Yaris
Toyota GR Yaris Foto: dok. CarThrottle
Lalu, untuk memberikan pengendalian yang baik, Toyota juga membenamkan suspensi double wishbone di bagian belakang.
Sementara untuk desainnya sendiri, GR Yaris ini memang memiliki beberapa perbedaan dari versi standarnya. Seperti garis atapnya yang dibuat lebih rendah 95 mm, desain grille yang lebar, bumper yang lebih agresif, fender yang lebih lebar, serta ada juga 2 knalpot kembar di bagian belakang.
Desain yang berbeda tersebut tentu bukan tanpa tujuan. Menurut pihak Toyota, hal itu bertujuan untuk memberikan aerodinamika yang lebih baik agar dapat menghasilkan aliran udara yang bersih saat sedang melaju.
Jika diperhatikan, desain dan spesifikasi dari GR Yaris ini memang hampir menyerupai sebuah mobil balap. Maklum saja, hal itu tidak terlepas dari campur tangan tim World Rally Championship (WRC) Toyota yang akan menggunakan basis mobil ini untuk turun di ajang balap reli bergengsi tersebut.
Video
Menyoal harganya sendiri, Toyota GR Yaris ini diperkirakan akan dipasarkan dengan kisaran harga Rp 454 jutaan. Jika melihat harga yang ditawarkan tersebut memang terbilang murah, apalagi dengan spesifikasi yang ditawarkan.
Besar kemungkinan, Toyota memang tidak mencari keuntungan yang besar dari mobil ini. Toyota nampaknya hanya bertujuan untuk memenuhi prasyarat regulasi balap WRC yang mengharuskan setiap tim pabrikan yang ikut serta, menggunakan mobil dengan spesifikasi yang dipasarkan untuk umum.

 

Sumber: kumparan.com

Berita Terkait

Ternyata Seperti ini, Kapasitas Tempat Duduk di Berbagai Jenis Mobil

Hera

Mazda MX-30 Akhirnya Resmi Diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019

Yudis

Pajak Naik 3 Persen, Ini Dia Harga Mobil LCGC Terbaru

Gethya