Image default
Tips & Trik

Awas Rem Blong Karena Vapor Lock

SETANGSETIR.COM, Rem adalah alat yang vital terhadap kendaraan, komponen ini wajib dijaga dan dirawat dengan baik agar bisa bekerja sebagaimana fungsinya. Jangan sampai rem tidak bekerja sesuai fungsinya hanya karena vapor lock.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, vapor lock adalah kondisi di mana rem terlalu panas akibat diinjak terlalu lama, sehingga minyak rem menjadi mendidih.

“Saat minyak rem mendidih, menghasilkan uap air yang bisa mengakibatkan rem blong, inilah yang dinamakan dengan vapor lock,” ujar Didi.

Didi juga mengatakan, untuk itu perlu dilakukan penggantian minyak rem secara berkala di setiap 40.000 km. Tiap kelipatan 40.000 km, minyak rem harus dicek dan diganti.

“Kalau tidak diganti, khawatirnya ada uap air atau udara di dalam sistem pengereman, akibat dari vapor lock,” kata Didi.

Agar tidak terjadi vapor lock, saat turunan, sebaiknya jangan hanya menginjak rem untuk menghentikan atau memperlambat laju mobil. Namun, perlu juga untuk gunakan juga bantuan dari mesin atau engine brake.

 

Sumber: Kompas.com

Berita Terkait

Fungsi & Kelebihan Memakai Stabilizer Rantai Pada Motor

Guntur

Tak Konsisten Dengan Satu Jenis Oli, Performa Mobil Tak Normal

Gethya

Inilah 5 Tanda Ban Kendaraanmu Harus Diganti

Yudis